5 Fakta Bansos Cair Bulan Ini, dari Pekerja hingga Emak-Emak Dapat BLT : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Fakta Bansos Cair Bulan Ini, dari Pekerja hingga Emak-Emak Dapat BLT : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Bulan November ini masih ada bantuan sosial (bansos) yang cair dari pemerintah. Terlebih, sejak Covid-19 mewabah, alokasi bansos memang diberikan sejak bulan-bulan sebelumnya.

Bansos diberikan untuk warga, pekerja dan pengusaha, pelajar dan tenaga pengajar.

Berikut 5 fakta bansos yang cair dan rinciannya, dirangkum e-Kompas.ID pada Sabtu (6/11/2021):

 

1. BLT UMKM dan BLT Subsidi Gaji

Pekerja dan pelaku usaha bisa mendapatkan masing-masing BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Besaran BLT subsidi gaji yaitu Rp1 juta per penerima, sementara BPUM besarannya Rp1,2 juta per pelaku usaha Mikro. BPUM ini masih bisa dicairkan hingga Desember 2021.

Selain itu, ada juga insentif Kartu Prakerja gelombang 22. Penerima bisa menerima insentif sebesar Rp600 ribu per bulan setelah membeli pelatihan.

Baca Juga: Cara Mengecek Bansos yang Cair di Bulan Ini, Bisa Dapat Segini

2. BLT Internet

Bantuan yang sebelumnya berakhir pada Mei lalu ini diberikan lagi mulai September hingga November. Bantuan ini akan dialokasikan untuk siswa PAUD sebesar 7GB, SD-SMA mencapai 10GB, pendidik PAUD-SMA 12 GB, dan mahasiswa/dosen sebesar 15GB per bulan.

Secara keseluruhan, bantuan kuota internet akan menyasar pada 26,9 juta siswa, mahasiswa, dan guru/dosen dengan total anggaran Rp2,3 triliun.


3. BLT Desa

Bantuan Dana Desa ini diberikan bersama sejumlah bantuan desa lain seperti Program Desa Aman Covid-19 dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Adapun alokasi untuk BLT Dana Desa sebesar Rp15,42 triliun.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggunakan sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

4. Bantuan Sembako

 

Warga bisa mendapat bansos berupa Kartu Sembako. Pemerintah bakal melakukan top-up Kartu Sembako menggunakan dana optimalisasi di Kementerian Sosial. Masing-masing penerima pun akan mendapat Rp300 ribu.

5. Stimulus Listrik

Sementara itu, Stimulus listrik diberikan berupa diskon tarif hingga 50%. Masyarakat dapat mengetahui statusnya sebagai penerima melalui aplikasi PLN Mobil atau situs web PLN, portal.pln.co.id dan memilih menu “Diskon Stimulus Covid-19”.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *