Naik Pesawat Kelas Bisnis Bertarif Rp48 Juta, Pria Ini Ngaku Serasa Tidur di Langit : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Naik Pesawat Kelas Bisnis Bertarif Rp48 Juta, Pria Ini Ngaku Serasa Tidur di Langit : e-Kompas.ID Travel


QATAR Airways merupakan maskapai penerbangan terbaik di dunia sebanyak enam tahun beruntun pada penghargaan Oscars of Aviation, Skytrax World Airline Awards 2021 hingga meraih medali emas dengan kategori kelas bisnis terbaik.

Lantas bagaimana maskapai ini meraih penghargaan tersebut? Apakah standar juga dipertahankan untuk bagian belakang kabin? Kali ini pakar perjalanan dari The Points Guy UK berusaha mencaritahu jawabannya.

Dua dari mereka menaiki salah satu dari pesawat jenis Boeing 777 yang jadi andalan maskapai itu dari Doha menuju Bandara Heathrow, London. Ia membawa kamera video untuk membandingkan pengalaman naik kelas bisnis dan ekonomi Qatar Airways.

Pakar perjalanan The Points Guy, Liam Spencer dengan beruntung dapat menikmati Qsuite Qatar Airways dan berhasil menghemat 52 persen dari biaya tiketnya berkat tips dari sebuah situs, dengan menempuh perjalanan dari Abu Dhabi dengan transit satu malam di Doha.

Baca juga: Sstt… Pramugari Bocorkan Rahasia Upgrade ke Kelas Bisnis, Gampang Banget!

Infografis Sajian Makanan Terbaik di Pesawat

Situs tersebut menjelaskan; “Harga Qsuite relatif mahal, mulai dari 2.275 pound atau setara Rp48 juta, namun ada banyak penerbangan lanjutan yang lebih singkat di sekitar Teluk. Kami telah membuat daftar beberapa negara terdekat sebelum Qatar,” ungkap situs tersebut.

Liam lantas mencari berbagai titik keberangkatan untuk melihat kemungkinan adanya penurunan harga, termasuk Dubai dan Abu Dhabi. “Untuk kegembiraan kami, penerbangan akhir dengan pemberhentian semalam di Doha menurunkan harga sebesar 52 persen menjadi hanya 1.091 pound (Rp21 juta),” ucap Liam, menyitir Daily Mail.

Fasilitas Kelas Bisnis Qatar Airways

(Foto: The Points Guy)

“Produk kelas bisnis terbaik yang pernah saya alami. Kursinya sangat nyaman dan sangat menjaga privasi berkat pintu geser yang sepenuhnya tertutup. Makanannya benar-benar nikmat dan tidak akan terlihat aneh bila disajikan di restoran mewah di London. Pengalaman tidur yang sempurna. Kursi berubah menjadi tempat tidur datar dengan tempat tidur White Company dan piyama,” tutur Liam.

“Setelah saya tenggelam di dalamnya, saya merasa seperti berada dalam (kamar tidur) di langit. Namun, hal tersebut tidak cukup untuk memberikan nilai 10 dari 10,” tambahnya.

Liam menambahkan; “Awak kabin butuh lebih dari 10 menit untuk datang ke tempat duduk saya setelah saya menekan bel panggilan. Juga banyak penumpang kelas bisnis lainnya yang tidak mematuhi aturan mengenakan masker, dan awak kabin tidak berusaha untuk menegurnya.

Sementara, Kepala The Points Guy UK, Nicky Kelvin mendokumentasikan penerbangan kelas ekonomi Qatar Airways Boeing 777 dengan membayar 228 pound atau sekira Rp4,3 juta untuk nomor kursi 28K. Nicky konon memang sangat menyukai nomor kursi tersebut. Ia menyebut itu adalah kursi yang sangat nyaman dan luas untuk kelas ekonomi.

Baca juga: Cerita Putri Gus Dur Naik Pesawat Kelas Bisnis Ditegur Pramugari, Kok Bisa?

Infografis Pesawat

Bonus lainnya adalah kabin yang sangat kosong dan memungkinkannya untuk membuat ‘kelas bisnis orang miskin’.

Ia juga mengakui bahwa menu makanannya lezat dan substansial, serta layanan dari awak yang sangat spesial, ramah dan cepat. Lantas apa kekurangannya?

“Hanya puding yang terlihat seperti kue keju dengan topping ‘puding’ ala Angel Delight, yang rasanya tidak enak,” cetus Nicky.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *