Polisi Bongkar Penipuan Berkedok Black Dollar, Ini Alasan Korban Tergiur : e-Kompas.ID Megapolitan - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Polisi Bongkar Penipuan Berkedok Black Dollar, Ini Alasan Korban Tergiur : e-Kompas.ID Megapolitan



JAKARTA – Unit Kriminal Umum (Krimum) Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat, menangkap dua pelaku penipuan dengan modus uang palsu atau black dollar. Korban penipuan investasi dollar hitam palsu berinisial SS berencana membuka usaha ternak ayam. 

Adapun SS membutuhkan uang sekira Rp700 juta. Sedangkan uang tabungan korban hanya sekira Rp400 juta.

Kemudian, untuk menambahkan uang modal usaha, ada temannya bernama Feri menawarkan investasi dollar ke pelaku HH alias EP. Sehingga korban tergiur untuk investasi dollar hitam yang ditawarkan oleh temannya itu.

Baca Juga: Penipuan Jual Beli HP, 1 Tersangka Ternyata Napi di Lapas Kerobokan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Joko Dwi Harsono menerangkan, ketika itu korban dan pelaku EP bertemu di hotel Yogyakarta.

“Di sana dijelaskan oleh EP, dia punya modal besar tapi dari asing dari luar Negeri, nilainya milaran rupiah, jadi bapak harus buat proposal,” ujar dia di Mapolres Jumat (5/11/2021).

Kemudian dari pertemuan itu, korban akhirnya pikir-pikir dan tidak langsung memberikan uang tabungannya. Selanjutnya, korban dan pelaku kembali mengadakan pertemuan lagi pada Juli 2021 lalu dan WNA Kamerun berinisial OAT alias F ikut bertemu.

Joko menjelaskan, pelaku menyakinkan korban terkait dengan persetujuan dari modal investasi yang harus ditukarkan menjadi dollar biasa. Kemudian, pada September 2021 mengadakan pertemuan lagi di Hotel Jakarta Barat san disitulah terjadi transaksi penipuan investasi.

“Disitulah dikasih contoh uang dolar ini dikasih cairan, setelah diberi cairan akan ditempel dengan uang dolar supaya gambarnya pindah,” jelasnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Jual Beli Handphone Mengatasnamakan PS Store

Pada saat itu, lanjut Joko, pelaku sudah mendapatkan uang dollar asli di koper dari korban dan pelaku sudah menyiapkan dollar palsu. Ada sebuah ritual kecil agar uang dollar hitam itu berubah warna di mana jangan dibuka sebelum tiba di Yogyakarta.

“Korban membawa uang dollar senilai Rp300 juta pada saat pertemuan keempat tersebut, pelaku sudah memesan kamar untuk 4 hari dari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu,” ucapnya.


Pelaku menyatakan akan kembali lagi pada hari Sabtu untuk membawa cairan pembersih uang dollar hitam. Kemudian, korban dan pelaku berpisah keesokan harinya dan seketika pelaku sudah tidak bisa dihubungi lagi.

Akhirnya, korban sadar bahwa dirinya merasa tertipu sehingga melaporkan kejadian ini pada Oktober 2021. Kemudian pelaku ditangkap pada 6 Oktober 2021. “WNA ini sudah lama, hampir dua tahunan dia melakukan ini,” katanya.

Adapun pelaku dikenakan Pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat menciduk sepasang kekasih beda Negara berinisial AT WNA Kamerun dan HH WNI di kawasan Palmerah, Jakarta Barat pada Kamis 5 November 2021 malam. Sepasang kekasih itu, melakukan penipuan investasi dollar hitam palsu kepada korban berinsial SS.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo membenarkan pihaknya mengungkap modus investaso dollar hitam. Awalnya korban ini ditawari untuk investasi ternak ayam dan jika sudah ada keuntungan maka korban akan mendapat dollar hitam.

“Modusnya ini cukup unik, korban diminta menyerahkan uang sebesar Rp300 juta dalam bentuk dollar,” kata dia, Jumat (5/11/2021).



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *