Proyek Bendungan Manikin Serap Anggaran Rp426 Miliar : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Proyek Bendungan Manikin Serap Anggaran Rp426 Miliar : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Pembangunan Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, menyerap anggaran sebanyak Rp426 miliar. Serapan anggaran pembangunan Bendungan Manikin ini telah mencapai 100 persen

Kepala Kantor Wilayah DJPb NTT Catur A. Widodo menyampaikan hal itu berkaitan dengan progres serapan anggaran pembangunan Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Pulau Timor hingga triwulan III 2021.

Baca Juga: 7 Proyek Bendungan di Sumatera Utara Gagal Dibangun, Berikut Daftarnya

Catur menjelaskan Bendungan Manikin merupakan salah satu proyek strategis nasional dari Pemerintah Pusat di NTT selain Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Jalan Poros Tengah Pulau Timor di Kabupaten Kupang yang juga sedang dibangun.

Bendungan Manikin berada di Desa Kuaklalo, kata dia ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan air baku penduduk sebanyak 700 liter per detik.

Baca Juga: Telan Dana Rp846,65 Miliar, Proyek Bendungan Margatiga Kapan Diairi?

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian hingga 560 hektare dan pengendalian banjir di daratan Manikin.

Ia mengatakan proyek anggaran tahun jamak ini selain untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat, juga sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.


“Proyek bendungan ini juga tentunya menyerap tenaga kerja dan belanja sehingga berkontribusi terhadap perekonomian di daerah,” katanya, Senin (8/11/2021).

Catur berharap pada pagu anggaran selanjutnya juga terserap maksimal untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di NTT dari dampak pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Manfaat proyek ini juga tentu tidak hanya saat proses pembangunan berlangsung tetapi juga setelah tuntas dan bisa dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian masyarakat atau petani,” katanya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *