Putri Mako Jepang Akan Menikah dengan Tunangannya dari Kalangan Biasa pada 26 Oktober : e-Kompas.ID News - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Putri Mako Jepang Akan Menikah dengan Tunangannya dari Kalangan Biasa pada 26 Oktober : e-Kompas.ID News



JEPANGPutri Mako dari Jepang dan tunangannya dari kalangan biasa, Kei Komuro mengumumkan rencana pernikahan mereka pada 26 Oktober mendatang. Hal ini diungkapkan laporan lembaga penyiaran publik NHK. Pernikahan ini dianggap kontroversial karena mengharuskan sang Putri melepaskan status kerajaannya.

Cucu perempuan berusia 29 tahun dari mantan Kaisar Akihito ini pertama kali mengumumkan pertunangannya dengan Komuro pada 2017. Namun tanggal pernikahan ditunda menyusul perselisihan keuangan antara ibu Komuro dan mantan tunangannya.

Putri Mako dan Komuro bertemu saat menghadiri International Christian University di Tokyo pada tahun 2012.

(Baca juga: Putri Jepang Lepaskan Rp19,2 M dan Status Bangsawan demi Nikahi Rakyat Jelata)

Sebelum diperkenalkan sebagai tunangan kerajaan, Komuro lebih dikenal sebagai “Pangeran Laut”, setelah tampil dalam kampanye wisata pantai untuk kota Fujisawa, di selatan ibu kota.

Pasangan itu diperkirakan akan pindah ke New York setelah pernikahan mereka digelar, di mana Komuro bekerja sebagai pengacara. Sang Putri dilaporkan akan membatalkan pembayaran dalam jumlah besar, lebih dari USD1 juta (Rp14 miliar), yang diharapkan akan diterimanya untuk memulai kehidupan barunya di luar kerajaan.

Hukum kekaisaran Jepang memiliki aturan hanya ahli waris laki-laki yang diizinkan untuk mewarisi takhta.

(Baca juga: Putra Mahkota Jepang Akhirnya Restui Pernikahan Putri Mako)

Bagi anggota keluarga kerajaan lain yang belum menikah dan menikah dengan rakyat jelata, mereka juga akan kehilangan status kerajaan. Aturan ini bisa membuat keluarga kekaisaran tidak memiliki cukup anggota untuk menjalankan tugas publiknya.

(sst)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *