Sukseskan PON Papua, TNI AL Kerahkan Tim Medis hingga Ribuan Pasukan Pengaman : e-Kompas.ID Nasional - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Sukseskan PON Papua, TNI AL Kerahkan Tim Medis hingga Ribuan Pasukan Pengaman : e-Kompas.ID Nasional



JAKARTA – Dalam upaya mensukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 yang dilaksakan di Papua. TNI Angkatan Laut telah mengirim sejumlah tenaga medis, prajurit hingga kapal perang dalam mendukung penyelenggaraan PON.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan terkait dalam pelaksanan PON di Papua pihaknya telah mengirim puluhan tenaga kesehatan dan dokter.

“Jadi kemarin sudah kita kirim secara khusus 30 Nakes dan 20 dokter ke sana. Jarang – jarang 20 dokter kita kirim ke satu wilayah itu, kalau bukan kepedulian TNI AL dengan penyelenggaraan PON di Papua,” Kata Yudo di Kodamar, Kelapa Gading, Jakut, Jumat (1/10/2021).

Yudo mengatakan dalam pengiriman puluhan dokter dan nakes bukan hanya terkait penyelenggaraan PON saja, akan tapi juga dalam maksud percepatan serbuan vaksinasi di daerah Papua.

“Kemarin kita melakukan serbuan vaksinasi di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Kierom. Harapannya dengan pelaksanaan PON ke-XX para pemuda dan panitia di sana sudah tervaksin,” Tutur Yudo.

Baca Juga : Jelang Pembukaan PON, Mahfud MD: Ini Pesta Olahraga, Papua Damai Tak Menakutkan

Sementara itu untuk pengamanannya, Yudo menjelaskan bahwa TNI Angkatan Laut lebih memfokuskan kepada pengamanan di laut. Dengan demikian pihaknya telah merapatkan sejumlah kapal perang unggulan termasuk prajuritnya.

“Di sana kita siapkan KRI Soeharso yang sudah sejak lama standby di sana. Bisa digunakan untuk evakuasi medis, bisa digunakan juga untuk messing,” ucap Yudo.

“Selain itu ada KRI lainnya juga yang combatan, maupun heli kita juga standby di sana. Sehingga apabila sewaktu-waktu ada evakuasi medis, heli kita siap membantu,” sambungnya.

Yudo juga menambahkan dalam pengamanan penyelenggaraan PON XX Papua, terdapat 1000 pasukan Angkatan Laut yang telah bersiap siaga dalam kegiatan ini berlangsung.

“Kurang lebih ada 1000an, dari Lantamal X ada sekitar 600an, belum lagi dari KRI Soeharso, kemudian dari KRI Kombatan lainnya, tentunya kita persilahkan Danlantamal X untuk berkoordinasi dengan panitia,” pungkasnya.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *