Connect with us

Headline

Transformasi Digitalisasi di Indonesia Wajib Bukan Pilihan : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa transformasi digital merupakan suatu hal wajib saat ini. Menurutnya, majunya sebuah bangsa ditentukan dari generasi yang melek digital.

“Jadi digital ini wajib bukan pilihan. Generasi milenialnya harus kompetitif dan produktif dalam domain digital Kalau 2045 kita ingin jadi negara hebat,” kata Ridwan Kamil dalam webinar, Jumat (23/4/2021).

Dia memaparkan Pemprov Jawa Barat telah melakukan transformasi digital. Tujuan dari transformasi digital Jawa barat itu ada tiga.

Baca Juga: Ekonomi Digital Sumbang USD150 Miliar ke PDB Indonesia

Pertama control, yaitu mengontrol dapur birokrasi. Kedua, Observasi. mengobservasi infrastruktur permasalahan di lapangan. Ketiga Connect. Berkomunikasi dengan warga sehingga terjadi sebuah ekosistem digital.

“Salah satu inovasi dalam digital membuat unit khusus untuk digital. jadi kami merekrut anak – anak milenial lulusan luar negeri untuk bekerja membangun sistem digital di Jawa Barat,” terangnya.

Selain itu, pria yang biasa disapa Kang Emil ini mengungkapkan bahwa pihaknya sedang membangun 27 command center. Rencananya command center ini terhubung dengan dengan semua walikota dan bupati di Jawa Barat.

Baca Juga: Ekonomi Digital Sumbang USD150 Miliar ke PDB Indonesia

“Jadi semata-mata ini untuk data agar bisa lebih cepat karena prinsipnya good data good decision dan bad data bad decision. Jadi menghasilkan keputusan yang baik dari data yang baik,” terangnya

Dia mengatakan bahwa pihaknya selama dua tahun terakhir sangat sibuk meningkatkan peradaban di Jawa Barat dengan digital. Namun meski begitu, Ia juga mengingatkan untuk menangkal sisi gelap digital.

“Kita harus memperkuat benteng pertahanan tentang sisi gelap digital. Seperti hoaks, jadi jangan terbuai dengan sisi positif digital. Jadi dengan digital kita harus juga lebih hati-hati,” terang.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *