Usung Tema Spirit Kemanusiaan, Komunitas Peruja Gelar Pameran Seni Lukis dan Patung : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Usung Tema Spirit Kemanusiaan, Komunitas Peruja Gelar Pameran Seni Lukis dan Patung : e-Kompas.ID Travel


KOMUNITAS Perupa Jakarta Raya (Peruja) menggelar pameran seni lukis dan patung yang terbuka untuk umum. Kegiatan ini dalam rangka peresmian gedung sekretariat dan galeri Peruja.

Sebagai informasi, Peruja adalah sebuah komunitas yang berisikan para seniman rupa seperti pelukis dan pemahat lintas generasi di wilayah Ibukota.

Mengangkat tema ‘Spirit Kemanusiaan’, pengunjung dan tamu undangan diperlihatkan berbagai karya seni luar biasa dari para anggota Peruja yang ikut serta pada pameran kali ini yakni sejumlah 52 orang seniman.

Adapun pemilihan tema tersebut merupakan perwujudan dari semangat dan kerja keras para perupa Jakarta dalam menghadirkan karya seni yang bermartabat di tengah adanya musibah pandemi Covid-19.

Dalam proses pameran juga diadakan artist talk dimana para seniman menjelaskan detail dibalik karyanya. Selain itu ada juga pemutaran film terkait seni rupa sebagai rangkaian agenda kegiatan.

Baca juga: Melukis di Cangkang Kerang, Seniman Ini Ubah Sampah Menjadi Mahakarya

Peruja Gelar Pameran Seni

Selain pameran, gelaran tersebut juga ditujukan untuk melakukan penggalangan dana bagi para korban bencana alam yang terjadi di tanah air. Hal ini juga sebagai bentuk perwujudan dari tema besar ‘Spirit Kemanusiaan’.

Ketua Komunitas Peruja, Andi Suandi menjelaskan, peresmian Sekretariat dan Galeri Peruja merupakan satu upaya untuk menyatukan sekaligus memberdayakan para seniman di Jakarta.

“Galeri ini akan diperuntukkan bagi teman-teman seniman Jakarta sebagai kantong budaya, yang berarti kami tidak hanya untuk seniman perupa saja tapi ada sastra, musik hingga tari. Selama itu masih kegiatan kebudayaan, kita terbuka dengan siapapun,” kata dia kepada MNC Portal Indonesia.

Andi berharap perupa Ibu Kota bisa terus berkarya dan tidak kalah dengan para seniman dari kota lain seperti Yogyakarta hingga Bali.

“Kita ingin dengan hadirnya galeri ini menjadikan seniman Jakarta tuan rumah kesenian di tempat sendiri. Karena bicara seni, selama ini kita banyak kedatangan seniman dari Bali, Jogja, dan kesannya kita malah jadi kayak penonton,” kata dia.

Adapun masyarakat umum yang tertarik untuk melihat karya dari para seniman rupa Peruja, bisa mendatangi sekretariat dan galeri Peruja yang terletak di dekat Gedung Pesona tepatnya di Jalan Ciputat Raya Nomor 10 C, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *