Wanita Afghanistan Melahirkan Saat Penerbangan Evakuasi ke Inggris : e-Kompas.ID News - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Wanita Afghanistan Melahirkan Saat Penerbangan Evakuasi ke Inggris : e-Kompas.ID News



KABULTurkish Airlines mengatakan seorang perempuan Afghanistan melahirkan seorang bayi perempuan pada Sabtu (28/8) pagi dalam penerbangan evakuasi ke Inggris. Proses kelahiran tersebut dibantu oleh awak kabin.

Soman Noori, 26, mulai mengalami kontraksi selama penerbangan Turkish Airlines dari Dubai ke Birmingham. Ia melahirkan saat pesawat terbang di ketinggian 10.000 meter di wilayah udara Kuwait.

Noori dan bayinya, yang diberi nama Havva, dalam keadaan sehat.

Turkish Airlines mengatakan pesawat, yang membawa warga Afghanistan yang telah bekerja dengan Inggris di Afghanistan, mendarat di Kuwait sebagai tindakan pencegahan. Namun penerbangan dilanjutkan hingga mencapai tujuannya.

Ini bukanlah kasus melahirkan pertama saat evakuasi warga dari Afghanistan. Sebelumnya, seorang perempuan Afghanistan melahirkan di dalam pesawat evakuasi Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (22/8/2021). Sang ibu melahirkan bayinya tak lama setelah mendarat di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman, demikian menurut keterangan Angkatan Udara AS.

(Baca juga: Kisah Istri Veteran Angkatan Darat yang Berjuang Tinggalkan Afghanistan)

 Sang ibu melahirkan bayi perempuan di ruangan kargo pesawat Angkatan Udara C-17 usai persalinan dan sempat mengalami komplikasi selama penerbangan, tulis Komando Mobilitas Udara AS di Twitter.

Perempuan itu merupakan bagian dari sekelompok warga yang menyelamatkan diri dari Taliban di Afghanistan dan masuk dalam gelombang penerbangan evakuasi kedua yang lepas landas dari pangkalan di Timur Tengah.

(Baca juga: Paus Sangat Khawatir Terkait Situasi di Afghanistan)

 Ibu dan bayinya lantas dibawa ke fasilitas kesehatan dan dalam kondisi sehat.

(sst)



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *