5 Fakta BLT Subsidi Gaji Cair Rp1 Juta Tanpa Potongan hingga Oktober : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

5 Fakta BLT Subsidi Gaji Cair Rp1 Juta Tanpa Potongan hingga Oktober : e-Kompas.ID Economy



JAKARTABLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta sedang dalam tahap pencairan tahap 4 dan 5. Bantuan yang ditargetkan untuk 8,7 juta pekerja/buruh ini disalurkan melalui Bank Himbara dengan skema pembukaan rekening kolektif (Burekol).

Seperti yang ditegaskan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), proses pencairan BLT subsidi gaji ini tidak ada potongan sepeserpun. Berikut 5 faktanya yang dirangkum oleh e-Kompas.ID pada selasa (21/9/2021).

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair ke 4,6 Juta Pekerja, Siapkan 7 Data Ini Buka Rekening Bank Himbara

1. Tidak ada potongan sama sekali

Kemnaker melalui akun Instagram resminya menegaskan bahwa BLT subsidi gaji yang disalurkan kepada masyarakat tidak ada potongan sama sekali.

“Ada potongan gak sih untuk uang yang diterima oleh penerima BSU? Jawabannya tidak ada ya Rekanaker. BSU sebesar 1 juta rupiah yang ditransfer tidak ada potongan sama sekali,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan melalui akun Instagramnya @kemnaker.

Baca Juga: Ingat! BLT Subsidi Gaji Cair Rp1 Juta dan Tidak Ada Potongan

2. Penerima tak perlu meninggalkan saldo di rekening

Dalam penyaluran bantuan ini, masyarakat juga tidak dikenai biaya administrasi pembuatan rekening. Bantuan sebesar Rp1 juta itu dapat ditarik seluruhnya tanpa harus meninggalkan saldo sepeserpun.

“Bisa ditarik semua. Itu merupakan komitmen dan kerja sama kami dengan Bank Himbara,” tulis Kemnaker.

3. Sudah cair ke 4,6 juta pekerja

BLT subsidi gaji ditargetkan untuk 8,7 pekerja di Indonesia. Saat ini, pencairan sudah mencapai 4.611.816 pekerja/buruh. Jumlah tersebut merupakan rincian dari 2.301.976 ditransfer langsung ke pekerja yang memiliki rekening Himbara dan 2.309.840 yang dilakukan penyalurannya melalui pembukaan rekening kolektif.

4. Ditargetkan selesai paling lambat Oktober 2021

Saat ini, pencairan telah mencapai tahap 4 dan 5. Dengan target yang masih tersisa sekitar 4,1 juta pekerja/buruh, pencairan ditargetkan selesai pada Oktober 2021.

5. Syarat penerima BLT subsidi gaji

Untuk mendapatkan BLT subsidi gaji, pekerja/buruh harus memenuhi persyaratan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021. Informasi pendaftaran dapat dicek melalui laman https://bsu.kemnaker.go.id/.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *