Sudah Diet dan Olahraga Berat Badan Naik Terus? Kenali 5 Penyebabnya : e-Kompas.ID Lifestyle - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Sudah Diet dan Olahraga Berat Badan Naik Terus? Kenali 5 Penyebabnya : e-Kompas.ID Lifestyle


MENJAGA berat badan tetap stabil memang harus dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, jika berat badan terlalu berlebih, maka seseorang rawan terkena penyakit seperti diabetes.

Oleh karenanya, jika ingin menjaga berat badan tetap stabil maka kita harus rutin diet dan berolahraga. Selain itu, masih ada juga beberapa faktor lain seperti tingkat stres dan pola tidur juga dapat memengaruhi berat badan Anda.

Nah, jika berat badan Anda terus naik tapi Anda pun tidak tahu alasannya, berikut adalah faktor tersembunyi yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja, seperti dilansir Times of India pada Selasa (21/9/2021).

Stres

Stres yang tidak terkontrol dapat memengaruhi hormon yang mengatur kebiasaan makan Anda. Ini dapat meningkatkan keinginan Anda dan membuat Anda makan lebih banyak dari biasanya.

Terlalu banyak stres dikaitkan dengan berbagai penyakit dan penambahan berat badan. Anda dapat mencoba teknik sederhana seperti meditasi, yoga, dan olahraga untuk mengendalikan stres.

Diet

PCOS atau menopause

PCOS menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Membuat perubahan gaya hidup yang diperlukan dan menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengendalikan PCOS.

Gangguan makan berlebihan

Orang yang sering makan dan tidak terkontrol bisa menambah berat badan yang tidak diinginkan. Kendalikan kebiasaan makan Anda untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Kurang tidur

Tidur berkaitan dengan kesehatan Anda dalam banyak hal. Ini dapat mempengaruhi berat badan Anda juga seiring dengan peningkatan risiko berbagai penyakit. Orang yang kurang tidur atau tidak cukup mengonsumsi lebih banyak kalori untuk memenuhi kebutuhan energinya, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Pertahankan jadwal tidur yang sehat dengan makan malam ringan, berjalan-jalan kecil setelah makan malam dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Tiroid kurang aktif

Tiroid yang kurang aktif, juga disebut hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Hipotiroidisme adalah gejala kenaikan berat badan. Tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kulit kering, kelelahan, sembelit, kelemahan otot, nyeri pada persendian, dan penipisan rambut.

Selain minum obat yang diresepkan, Anda perlu membuat perubahan yang diperlukan dalam diet dan gaya hidup Anda untuk mengelola kondisi tersebut.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *