6 Fakta Pekerja se-Indonesia Kebagian BLT Subsidi Gaji, Cek ATM Saldo Bertambah Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

6 Fakta Pekerja se-Indonesia Kebagian BLT Subsidi Gaji, Cek ATM Saldo Bertambah Rp1 Juta : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Penerima BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta untuk pekerja se-Indonesia dilakukan perluasan. BLT subsidi gaji kembali disalurkan November 2021.

Perluasan penerima BLT subsidi gaji/BSU Rp1 juta ini rencananya akan menyasar 1,6 pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Berikut enam fakta terkait BLT subsidi gaji yang akan dicairkan ke pekerja se-Indonesia, seperti yang telah dirangkum oleh e-Kompas.ID, di Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

1. Penyaluran di November

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, penyaluran BSU masih dalam proses karena adanya perubahan regulasi.

Baca Juga: Gelombang 22 Jadi Program Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini

“Saat ini kita sedang menyelesaikan perubahan regulasi. Kita harapkan bulan November sudah disalurkan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kepada e-Kompas.ID.

2. Perluasan Wilayah

Anwar menerangkan, perubahan regulasi pencairan BLT subsidi gaji ini mengenai perluasan wilayah.

Baca Juga: Kartu Sembako di Top Up, Dana Rp300 Ribu Segera Cair

“Terutama terkait dengan perluasan wilayah yang terdampak pandemi covid-19 level 3 dan 4,” katanya.

3. Perubahan Syarat Penerima

Sebelumnya, hanya pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 atau 4 yang dapat menerima bantuan ini. Namun, syarat itu diubah menjadi nasional.

4. Dicairkan ke 1,6 Juta Pekerja

Bantuan ini rencananya akan menyasar 1,6 pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. Namun, penerima BSU tetap bukan merupakan penerima bantuan lain seperti Kartu Prakerja, PKH, BPUM, dan lain-lain.

5. Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaj 

Kemudian, ada dua cara mengecek penerima BLT subsidi gaji Rp1 juta. Pertama melalui https://bsu.kemnaker.go.id/.

Lalu, yang kedua mengecek BLT subsidi gaji lewat BPJS Ketenagakerjaan melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id atau sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Selain itu, bisa melalui layanan Whatsapp di nomor 081380070175 dan call center Layanan Masyarakat 175.

6. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021

Penerima BLT subsidi gaji tersebut telah sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian BSU bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Covid-19.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *