Alat Kelamin Jantan pada Bunga Bernama Benang Sari : e-Kompas.ID Edukasi - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Alat Kelamin Jantan pada Bunga Bernama Benang Sari : e-Kompas.ID Edukasi



JAKARTA – Alat kelamin jantan pada bunga adalah faktor penting dalam proses reproduksi tanaman bunga tersebut.

Sebagai dikutip dari Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, bunga merupakan alat reproduksi generatif pada tumbuhan.

Bunga biasanya memiliki warna yang menarik dan berfungsi untuk menarik serangga atau hewan lain yang dapat membantu proses penyerbukan.

Baca juga: Bunga Bermekaran di Sudut Ibu kota, Anies : Wajah Baru Jakarta Makin Cantik

Secara umum, bunga tersusun atas dua bagian utama, yaitu perhiasan bunga dan alat reproduksi bunga. Perhiasan bunga meliputi tangkai, kelopak (kaliks), dan mahkota (korola). Sedangkan alat reproduksi berupa benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina).

Dikutip dari buku Biologi Kelompok Pertanian oleh Deden Abdurahman, berikut adalah bagian-bagian pada bunga, antara lain:

1. Kelopak (kaliks), berfungsi untuk melindungi kuncup bunga.

2. Mahkota (korola), berfungsi untuk melindungi putik dan benang sari serta menarik perhatian serangga.

3. Benang sari (stamen), terdiri atas tangkai sari (filamen) dan kepala sari (Antera) yang terdiri dari empat kantong sari. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan.

4. Putik (pistilum), terdiri dari tangkai putik (stilus), kepala putik (stigma), dan bakal buah (ovarium). Di dalam bakal buah terdapat bakal biji (ovule). Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.

Bunga yang memiliki bagian-bagian tersebut disebut bunga lengkap. Sedangkan bunga yang tidak memiliki salah satunya disebut bunga tidak lengkap.

Bunga Sempurna

Berdasarkan keberadaan alat reproduksi dalam satu bunga, ada bunga yang memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga. Bunga yang demikian disebut dengan bunga sempurna.

Bunga Tidak Sempurna

Namun, ada juga bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja dalam satu bunga, benang sari saja atau putik saja. Bunga yang demikian disebut bunga tidak sempurna.

Selain itu, berdasarkan karakteristik bunga yaitu jumlah bagian-bagian bunga. Tumbuhan dibedakan menjadi dua yaitu, monokotil dan dikotil.

Tumbuhan monokotil mempunyai bagian-bagian bunga seperti daun kelopak, daun mahkota, dan benang sari yang berkelipatan 3. Sedangkan pada tumbuhan dikotil mempunyai bagian-bagian bunga berkelipatan 4 atau 5. 



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *