Aturan Rampung, BLT Subsidi Gaji untuk 1,6 Juta Pekerja Langsung Cair! Yuk Cek Rekening : e-Kompas.ID Economy - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Aturan Rampung, BLT Subsidi Gaji untuk 1,6 Juta Pekerja Langsung Cair! Yuk Cek Rekening : e-Kompas.ID Economy



JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah menyesuaikan regulasi BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebelum disalurkan ke 1,6 juta pekerja.

“Saat ini, kita sedang menyelesaikan perubahan regulasi. Kita harapkan bulan November sudah disalurkan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kepada e-Kompas.ID.

Penyesuaian tersebut terkait dengan perluasan wilayah penerima bantuan. Akan ada perubahan terutama dalam cakupan wilayah penerima yang berada di PPKM Level 3 dan 4.

“Terutama terkait dengan perluasan wilayah yang terdampak pandemi covid-19 level 3 dan 4,” katanya.

Untuk informasi penerima BSU, pekerja dapat cek melalui laman kemnaker.go.id

 

Berikut syarat penerima BLT subsidi gaji:


1. Persyaratan yang dimaksud yaitu WNI dibuktikan dengan NIK.

2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan sampai dengan Juni 2021.

3. Pekerja/buruh yang berhak mendapatkan bantuan harus mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Dengan ketentuan, pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh, Upah Minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312,00 dibulatkan menjadi Rp4.800.000.

4. Persyaratan lainnya, yaitu pekerja yang bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan Pemerintah sebagaimana dalam Lampiran I Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

5. BLT subsidi gaji tahun ini diutamakan untuk pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

Cara Mengecek Status BLT Subsidi Gaji

Cara pertama yaitu melalui laman BPJS Ketenagakerjaan (bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id). Untuk mengecek statusnya, pekerja/buruh perlu menyediakan KTP karena terdapat isian NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir. Jika isian sudah lengkap, status lolos atau tidaknya akan muncul.

Cara kedua yaitu melalui website Kemnaker (kemnaker.go.id). Pekerja/buruh membuat akun terlebih dahulu dan melengkapi data yang diperlukan. Setelah lengkap, pekerja/buruh akan menerima notifikasi terdaftar atau tidak.

 

Baca Selengkapnya: BLT Subsidi Gaji Cair November 2021, Segera Cek Status Penerima di Sini



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *