Marak Pencurian Terumbu Karang di Taman Nasional Komodo, Modusnya Pura-Pura Jadi Nelayan : e-Kompas.ID Travel - e-Kompas.ID
Connect with us

Headline

Marak Pencurian Terumbu Karang di Taman Nasional Komodo, Modusnya Pura-Pura Jadi Nelayan : e-Kompas.ID Travel


BALAI Taman Nasional Komodo (BTNK) masih mendalami laporan adanya dugaan pencurian terumbu karang di perairan laut yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami masih mendalami informasi dari para nelayan lokal yang menyebutkan bahwa ada pencurian terumbu karang di kawasan wisata Taman Nasional Komodo,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang, Rabu (28/7/2021).

Baca juga:  Viral Pulau Pedar Taman Nasional Komodo Diserbu Wisatawan, Abaikan Prokes

Dia dikonfirmasi terkait laporan mengenai maraknya aksi pencurian terumbu karang di perairan laut kawasan Taman Nasional Komodo selama sebulan terakhir ini.

 

Berdasarkan laporan nelayan lokal, aksi pencurian tersebut dilakukan menggunakan perahu motor tanpa sepengetahuan petugas penjaga yang berada di pos-pos penjagaan Taman Nasional Komodo.

Baca juga:  Wisata Taman Nasional Komodo, Ini 3 Pulau yang Bisa Dijelajahi

Modus yang digunakan dengan berpura-pura menjadi nelayan, namun setelah berada di beberapa titik yang terdapat terumbu karang, mereka akan menyelam dan mengambil terumbu karang.

Titik pengambilan terumbu karang di antaranya, area perairan Pulau Siaba, Pulau Mangiata, Taka Makassar, Pulau Mauwang, Pulau Sebita, Batu Bolon dan arah selatan Selatan TNK tepatnya di Pulau Gilimota.

Lukita Awang mengatakan, telah melakukan koordinasi dengan petugas lapangan untuk mendalami semua informasi mengenai adanya pencurian terumbu karang di perairan laut sekitar TNK.

 Ilustrasi

Selain itu, para petugas akan meningkatkan pengawasan di wilayah perairan laut, untuk mencegah semua aktivitas ilegal yang dapat merusak atau mengganggu lingkungan di kawasan TNK, katanya menambahkan.



Sumber Berita

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *